Tuesday, 27 August 2013

Minggu 5 : Langkah 4

Cara Menghitung Sederhana Menggunakan Ms. Excel


Untuk menghitung data di Ms. Excel, kita memang harus menggunakan rumus. Nah, jika kita tidak tahu rumus apa yang ingin dipakai, berikut akan ada tips untuk menghitung di Ms. Excel.

Penambahan. Untuk melakukan penambahan, kita boleh menggunakan rumus yang bernama SUM. Caranya adalah dengan mengklik cell, lalu tulis =SUM(data1;data2). Jika kita mempunyai banyak data, maka kita hanya cukup drag / blok semua data yang ingin ditambahkan.

tips excel
Cara menggunakan fungsi SUM
  • Pengurangan. Untuk pengurangan, kita hanya perlu menuliskan rumus seperti biasa yaitu =(data1-data2) lalu tekan enter.
  • Perkalian. Rumus untuk perkalian di excel juga cukup mudah yaitu menggunakan rumus =(data1*data2) kemudian tekan enter.
  • Pembagian. Pembagian di excel juga mempunyai rumus yang sederhana yaitu =(data1/data2) dan untuk mengakhiri bisa menekan enter.
  • Mencari nilai minimum. Untuk mencari nilai yang paling kecil dalam suatu data yang banyak, kita memerlukan rumus MIN. caranya adalah =MIN(blok data yang ingin dicari nilai yang paling kecil) lalu tekan enter.

    tips excel
    Cara mencari nilai MINIMUM

    • Mencari nilai maksimum. Jika ingin mencari nilai maksimum, kita perlu menggunakan rumus MAX. Cara penggunaannya adalah =MAX(blok semua data yang ingin dicari nilai maks).

      tips excel
      Cara mencari nilai MAXIMUM
    • Mencari PURATA. Untuk mencari rata-rata kita bisa menggunakan rumus average. Cara penggunaannya adalah =AVERAGE(blok data yang ingin dicari rata-ratanya).
      tips excel
      Cara mencari nilai PURATA(AVERAGE)


    No comments:

    Post a Comment